Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Power Point
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.94Keywords:
Hasil belajar, Media Pembelajaran PowerPointAbstract
Proses pembelajaran PAI yang berlangsung di SMAN 1 Kinali selama ini masih bersifat monoton. Pembelajaran terpusat pada guru, siswa hanya pasif menerima materi dan informasi yang disampaikan guru. Hasil belajar siswa masih rendah. Rata-rata nilai ulangan harian siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi keadaan tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan rumusan masalah “Bagaimana hasil belajar PAI siswa SMAN 1 Kinali kelas XII IPA 4 yang di ajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint?”. Tujuan penelitian adalah untuk melihat hasil belajar PAI siswa SMAN 1 Kinali kelas XII IPA 4 dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint. Hasil penelitian adalah hasil belajar PAI siswa SMAN 1 Kinali kelas XII IPA 4 meningkat sangat signifikan dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint dibandingkan dari hasil belajar sebelum diberi tindakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) proses pelaksanaan PTK mempunyai empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Kinali yang berjumlah 20 siswa dilaksanakan pada 3 siklus. Metode pengumpulan data adalah hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data yang diperoleh persentase hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI menggunakan media PowerPoint sebesar 50% pada siklus pertama. Proses penerapan media PowerPoint dalam pembelajaran PAI meningkat pada siklus II sebesar 70% dan 95% pada siklus III. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan media PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Arifin, Muhammad, Ilmu Pendidikan islam, (jakarta: Bumi Aksara, 1996)
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002), Cet. Ke-2
Ilmi, Darul Dasar-Dasar Pendidikan dan Pembelajaran, (STAIN Bukittinggi : 2009)
Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008
Rohani, Ahamad Pengelolaan Pengajaran, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004) Cet. Ke-2
Ria Laily Husna, Merangkai Asa Merangkul Mimpi, Rabu, 09 Juni 2010, (Online), (http://pujanggawati.blogspot.com/2010/06/pengertian-sejarah-kebudayaan-islam.html), diakses 15 maret 2012
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group, 2006
Sudjana, Nana Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo,2005) Cet ke-8
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004), Cet. Ke-4
Syah,Muhibbin Psikologi Belajar, (Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999 ) Cet ke-1
Sabri, Ahmad Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Quantum teaching: P.T Ciputat Press, 2005.
Sanjaya,Wina Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta : Kencana, 2008,) cet-4
Syah, Muhibbin Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung : P.T Remaja Rosdakarya, 2008) Cet. Ke-14
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: P.T Rineka Cipta, 1995) Cet. Ke-3
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011) Cet.ke-12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.