Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Ta'lim al-Muta'allim Karya Al-Zarnuji serta Implementasinya dalam Konteks Pendidikan Islam

Authors

  • Atikah Salma Hidayati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fauzan Huda Perdana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ilma Hasanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhamad Azhar Ibrahim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Achmad Faqihuddin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syahidin Syahidin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.888

Keywords:

Concept, Education, Al-Zarnuji

Abstract

This article discusses the concepts of Islamic education contained in the book Ta'lim al-Muta'allim-Tariq at-Ta'allum by Sheikh Al-Zarnuji and its implementation in the context of Islamic education. This article begins with an explanation of the meaning of the concept and Islamic education. The concepts of Islamic education discussed include the objectives of Islamic education, the curriculum of Islamic education, the characteristics of teachers, the characteristics of students, learning manners, and learning methods. An explanation of the implementation of these concepts of Islamic education in the context of contemporary Islamic education is also discussed in this article. Overall, this article provides a comprehensive understanding of the concepts of Islamic education contained in the book Ta'lim al-Muta'allim-Tariq at-Ta'allum by Sheikh Al-Zarnuji and their implications in the practice of Islamic education today.

References

'Aliyah, E., & Amirudin, N. (2020). Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ta'lim Muta'allim karangan Imam Az-Zarnuji. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 21(2), 163-164.

Chusna, N. C., & Tsaniyah, N. (2021). Implemantasi kitab Ta’lim Muta’allim dalam membentuk etika berbakti kepada orang tua di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin dan Mambaul Quran Pringapus Kabupaten Semarang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 4(1), 37-50.

Destiani, T., Arbarini, M., & Shofwan, I. (2023). Pendekatan andragogi dalam pembelajaran seTARA daring pada program pendidikan kesetaraan. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 32-44.

Hafsah, U. (2018). Etika dan adab menuntut ilmu dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim. Journal of Islamic Education Policy, 44-55.

Hamlan, A. B. M. (2017). Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural humanistik dalam membentuk budaya toleransi peserta didik di SMA Negeri Model Madani Palu, Sulawesi Tengah. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 176-177.

Handayani, S., Warul Walidin, A., & Jamali, Y. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa sekolah dasar. Dalam International Conference on Islamic Civilization (ICONIC) (pp. 185-198).

Idtesis.com. (2015). Pengertian konsep menurut para ahli. Retrieved May 25, 2024, from https://idtesis.com/konsep-menurut-para-ahli/

Irawati, A., & Widodo. (2021). Implementasi konsep pendidikan andragogi terhadap program pendidikan dan pelatihan Lembaga Korp Pelajar Putri (L-KPP) Pasuruan. J+PLUS UNESA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 198.

Mahmudi, F. (2023). Implementasi pendidikan agama Islam dalam konteks kurikulum merdeka. Retrieved from https://www.kompasiana.com/ansorferimahmud1/65071f1e08a8b503d60c7df2/implementasi-pendidikan-agama-islam-dalam-konteks-kurikulum-merdeka

Manizar, E. (2017). Optimalisasi pendidikan agama Islam di sekolah. Tadrib, 3(2), 251-278.

Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan metode pembelajaran Islam klasik Al-Zarnuji di era revolusi industri 4.0. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 664-667.

Nasrodin, Tohet, M., & Yudha, F. (2023). The concept of Islamic education in the perspective of Sheikh Burhan al-Din al-Zarnuji and its relevance for education in Indonesia. ICHES: International Conference on Humanity Education and Social.

Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar (Studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 1511-1526.

Ramayulis. (2015). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ridwan, I., & Abdurohim, A. (2022). Pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap pembentukan etika belajar santri Pondok Pesantren Ath-Thohariyah Desa Sindanghayu Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 8(1).

Rika, R., Fahrudin, F., & Sumarna, E. (2020). Pendidikan akhlak dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 23-36.

Shilviana, K. F. (2020). Pemikiran Imam Al-Zarnuji tentang pendidikan dan relevansinya dengan pendidikan modern. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 50-60.

Sujarwo, D. (2012). Strategi pembelajaran orang dewasa (pendekatan andragogi). Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Tabrani, Z. A. (2014). Isu-isu kritis dalam pendidikan Islam perspektif pedagogik kritis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(2), 250-270. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/75

Trinanda, R., & Harahap, E. K. (2024). Perencanaan strategi pengembangan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter islami di rumah tangga. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 13(1), 170-194.

Wirianto, D. (2013). Konsep pedagogik Al-Zarnuji. Islamic Studies Journal, 1-17.

Zuhairini. (2010). Sejarah pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2024-06-03

How to Cite

Atikah Salma Hidayati, Fauzan Huda Perdana, Ilma Hasanah, Muhamad Azhar Ibrahim, Achmad Faqihuddin, & Syahidin Syahidin. (2024). Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Karya Al-Zarnuji serta Implementasinya dalam Konteks Pendidikan Islam. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 149–163. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.888