Model Pembelajaran Adaptif: Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Era Digital

Authors

  • Rakha Aditya Putra Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Wildan Satio Siregar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.832

Keywords:

Learning, Adaptive, effectiveness

Abstract

This paper aims to improve learner focus in the learning process by using an adaptive learning model. Adaptive learning can be defined as “the process of generating unique learning experiences for each learner based on the personality, interests, and performance of learners in order to achieve goals such as learner academic improvement, learner satisfaction, effective learning processes and so on. As for data collection in this writing using literature review or literature review by taking sources from journals, books and other scientific works. By using this learning model, it will increase the effectiveness of students in the learning process.

References

Adi, G. (2023). Pembelajaran Adaptif: Pengertian, Tujuan, Tokoh dan Kelebihan serta Kekurangannya.

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Giyanto, S. (2017). PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ADAPTIF DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn (Studi Pada : Siswa Kelas IX SMP ). Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS , 281-295.

Hamdan Husein, D. N. (2019). MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 33-46.

HG. Suseno, A. T. (2018). KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI, KEMAMPUAN , ADAPTASI, DAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH. Journal of Research in Business and Economics, 90-110.

Jas, J. Achmad, S., S, & Alvi, R., R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 148–159.

Megayanti. (2016). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Malas Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 30(5), 1–6.

Pujiriyanto, H. S. (2022). TEKNOLOGI PENDIDIKAN MASA DEPAN SOLUSI PEMBELAJARAN ERA DISRUPSI. Yogyakarta: Jurusan Kurikulum dan Teknologi pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachmayanti, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Adaptif Mengenai Konten Pendidikan Seksual: Studi Fenomenologi. Jurnal BASICEDU, 2430-2445.

Rizki Wahyu, L. S. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 211-120.

Tanjung, D. (2015). Penerapan model pembelajaran Joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014/2015.

Wahana, rilla. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII.

Ziaurrahman, H. D. (2017). PENGEMBANGAN E-LEARNING ADAPTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK KELAS X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 116-129.

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Rakha Aditya Putra, Wildan Satio Siregar, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Adaptif: Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Era Digital. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 01–09. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.832