Efektivitas Dan Evaluasi Pembelajaran Inklusi Di SMP 11 Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Fadilatul Jannah Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah Serpong
  • Siti Khoeriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah Serpong
  • Ika Ika Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah Serpong

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.781

Keywords:

Effectiveness and Evaluation, Inclusive Learning, SMP 11 South Tangerang City

Abstract

Children with special needs have become the concern of various parties, especially in Indonesia. Students with special needs have the right to receive the same education as other students based on Constitution No. 20 of 2003 concerning the National Education System which states that the state provides full guarantees for children with special needs to obtain quality educational services. Education is a conscious, planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble morals, and the skills needed by themselves, society, nation and state.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2017. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disisplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Press.

Albi Anggito & Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Suka Bumi, 2018, h.2

Amos Neolaka dan Graca Amalia A. Neolaka. 2017. Landasan Pendidikan, Cet. I; Depok: PT Kharisma Putra Utama.

Anas Sudiono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (PT. Grafindo Persada, Jakarta, 2005), hal.1

AR, Zahruddin. 2004. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Ashshofa, Burhan. 1996. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Rineka Cipta.

Brannen, Julia. 2002. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. I.

Darajat, Zakiah. 1995. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. jakarta: bumi aksara.

Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Methodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Gary Jonathan Mingkid, Daud Liando, Johny Lengkong, Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Peningkatan Pembangunan, Vol 2 No.2, 2017,hal.3

Hamidi. 2005. Metode Penelitia Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press, cet.3.

Iga Rosalina “Jurnal Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat”,vol.01 No 01 (Februari 2012).hal.3

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Kementerian Agama RI, Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (Standar Kompetensi). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran terpadu tematik. Bandung: Alfabeta.

Mahrus. 2009. Aqidah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Moleong, Lexy. J.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Meleong, Lexy. J. Julia Brannen. 2002. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad, Abdulkadir. 2004. Hukum dan Penelitian Hukum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti cet.1.

Mulyasa, E. 2004. 2005. Implementasi Kurikulum Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Nawawi, Hadari. 2011. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nur, Sunardi. 2011. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, Haidar. Daulay dan Nurgaya. 2013. Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Kencana.

Putri Rachmadayanti, Rochani. 2017. Pengembangan Social Skill Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique), Jurnal Riset Pedagogik, Vol.1, No.2.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Cet, 1: Jakarta Kalam Mulia, 2002), hal.331

Rapi, Muh. 2012. Pengantar Strategi Pembelajaran. Cet I; Makasar: Alauddin University Press.

Rusomono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu Untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pedona Sejahtera.

Sadiman, S. dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo.

Sanjaya, Wina. 2009. Model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana.

Septy Nurfadhillah, Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar, CV Jejak, November 2021, Sukabumi, hal. 5

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Soekanto, Soerjono. 1986. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press.

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian hasil dan proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, Cet. ke-1.

Suharsimi, Arikunto. 1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sutiah. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Syah, Muhibbin. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos.

Thobroni, Muhammad. & Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Tohirin.2013. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling: Pendekatan Praktis untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi dengan Contoh Transkrip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Usman, Husaini dan Purnomo. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wingkel W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: grasindo.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Fadilatul Jannah, Siti Khoeriyah, & Ika Ika. (2024). Efektivitas Dan Evaluasi Pembelajaran Inklusi Di SMP 11 Kota Tangerang Selatan. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.781