Pengaruh Metode Diskusi Buzz Grup Dan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 2 Kelas V SD Negeri 0304 Siundol

Authors

  • Cindy Wulandhani Saputri Hrp Universitas Negeri Medan
  • Wildansyah Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.773

Keywords:

Buzz Group, Tanya Jawab, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan bangsa, dan Negara. Proses belajar mengajar adalah suatu kegiatan interaktif yang bernilai edukatif. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 28 sampai 5 Desember 2022 yang dilakukan di SD Negeri 0304 Siundol, Kecamatan Sosopan, bahwa hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik masih rendah dikarenakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga sebagian besar siswa tidak mampu menguasai materi pelajaran dan cenderung merasa jenuh dalam proses belajar mengajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode diskusi Buzz Grup dan pembelajaran dengan metode Tanya jawab pada pembelajaran tema 1 subtema 2 kelas V SDN 0304 Siundol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 0304 Siundol. Dimana terdapat dua kelas dengan kondisi yang homogen. Pada kelas pertama yaitu kelas VA proses belajar mengajar diberikan perlakuan dengan menggunakan metode Buzz Grup sedangkan pada kelas kedua yaitu kelas VB proses belajar mengajar diberikan perlakuan dengan metode tanya jawab. Desain yang digunakan adalah Multiple Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji Normalitas, Homogenitas dan Uji Hipotesis menggunakan rumus Uji-t dan Uji-F.  Hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam pengujian hipotesis dengan uji t tidak ada pengaruh penggunaan metode Buzz Group terhadap hasil belajar, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Thitung 0,659 dan Ttabel 1,68023, nilai Thitung < Ttabel. Sedangkan nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,515 > 0,05. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak ada pengaruh signifikan yang parsial penggunaan metode Buzz Group terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada pengujian hipotesis kedua, terdapat pengaruh penggunaan metode Tanya Jawab terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan diperoleh nilai Thitung 2,728 dan Ttabel 1,68023, nilai Thitung < Ttabel. Sedangkan nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,011 > 0,05. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti  ada pengaruh signifikan yang parsial penggunaan metode Tanya Jawab terhadap hasil belajar siswa.

References

Ahmad, Sabri. (2014). Strategi Belajar Mengajar Mikro Teaching. Ciputat: Quntum Teaching.

Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.

Defdiknas, (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.Risetdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU no 20 th 2003.fdf pada 28 januari 2023.

Dimyati, dan Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Muhammad A. (2013). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan Yokyakarta: Parama Publishing.

Hairus Saleh.(2016). “Penerapan Metode Buzz Group Discussion pada Mata Kuliah Struktur Aljabar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa”. Jurnal Matematika vol 3, No 2, 2355 -3782.

Irianto, H.A (2015). Statistik Jakarta: Kencana

Majid Abdul. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Jumanta Hamdayama, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2014) 135.

Jaya Indra, (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia group.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

(2014).Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharsimi Arikunto, ( 2019 ). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta.

Sudjana, (2020). Metode Statistika Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Slameto, (2010) . Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007), 125.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006) , 156.

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Cindy Wulandhani Saputri Hrp, & Wildansyah Lubis. (2024). Pengaruh Metode Diskusi Buzz Grup Dan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 2 Kelas V SD Negeri 0304 Siundol. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(2), 95–105. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.773