Penerapan Budaya 5S Sebagai Penguatan Karakter Di SMK Muhammadiyah 1 Wates
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.648Keywords:
Culture, 5S, Character, StudentsAbstract
This research aims to provide an overview of the implementation of the 5S culture (smile, greeting, greeting, politeness) and educators' methods for getting used to it. The targets of this research were students at SMK Muhammadiyah 1 Wates. This type of research uses qualitative research to describe actual school cultural behavior. The data sources in this research are class teachers, religion teachers, and school principals. This research collection technique is through observation, interviews and documentation. The results of this research reveal that the implementation of 5S school culture and the role of teachers in implementing it takes the form of routine activities, modeling, conditioning, habituation, advice and supervision.
References
Anisa, Nurul. (2017). Modal Pembentukan Karakter melalui Budaya 5S Senyum, Salam, Sapa, sopan, dan santun. http://anisanurul2728.wordpress.com/2017/06/14/modal-pembentukan-karakter-melalui-budaya-5S-senyum-salam-sapasopan-dan-santun/
Nurul Afifah. (2023). Implementasi Budaya 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Metode Guru dalam Membiasakannya Pada Siswa Sekolah Dasar. 1.
Sarwina, E., & Praheto, B. E. (2022). PENERAPAN BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA SOPAN DAN SANTUN) SEBAGAI BENTUK PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 001 AIR ASUK.
Somantri, G. R. (2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Yati, R. (2021). PERMASALAHAN KRISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/a3c6e
Citrapujiyati. (2017). “Implementasi Grand Design Pendidikan Karakter di Sekolah Alam Sebagai Penguatan Generasi Emas 2045 (Studi Deskriptif di Sekolah Alam Ungaran)”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ujiningsih. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Retrieved februari 27, 2020, from pustaka.ut.ac.id:http;//www.pustaka.ut.a c.id/dev25/pdfprosiding2/fkip201034.pd f
Marwanti, Endah dkk. (2018). “Implementasi Penanaman Karakter Anak dalam Syair Lagu Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng”. Jurnal Taman Cendekia. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uni
Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar
Marwanti, Endah dkk. (2018). “Implementasi Penanaman Karakter Anak dalam Syair Lagu Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng”. Jurnal Taman Cendekia. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.