Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas II Di SDN 2 Kedungsarimulyo

Authors

  • Eka Nanda Banowati Universitas Muria Kudus
  • Mudrikatunnisa Mudrikatunnisa Universitas Muria Kudus
  • Alvita Rizki Maula Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.448

Keywords:

minat baca, faktor internal, faktor eksternal, membaca

Abstract

Minat adalah sesuatu yang sangat penting bagi seseorang untuk melakukan suatu aktivitas. Dengan minat orang akan berusaha mencapai tujuannya. Oleh karena itu minat dikatakan sebagai salah satu aspek psikis manusia yang dapat mendorong untuk mencapai tujuan. Ada dua aspek yang dikandung oleh minat antara lain aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil observasi dan wawancara dengan subjek, serta wawancara dengan wali kelas dan guru bidang studi lainnya untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar dan prestasi akademik rendah yang dimiliki subjek. Menumbuhkan  minat  baca  merupakan  sebuah  proses  yang  tidak  muncul  begitu  saja,  tetapi merupakan proses yang harus ditumbuhkan sejak anak usia dini.

References

Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Adison, J., & Suryadi. (2020). Peranan Keluarga Dalam Membentuk Kedisiplinan Anak Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1131–1138.

Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21–27. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648

Andhika, M. R. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 54. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i01.598

Arifin, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Stem Problem Based Learning Ditinjau Dari Daya Juang Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pgsd. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 31. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1644

Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA E-STORY BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN DONGENG SASTRA ANAK KELAS III SEKOLAH DASAR Vina. 09, 1939–1954.

Budiningtyas, A. K., Utaminingsih, S., & Fajrie, N. (2022). Pengembangan Media “Pegalinu” Dalam Kemampuan Literasi Digital dan Numerasi Dasar Kelas III di SD Se-Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. 8(18), 1–10.

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358.

Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Khoirunnisa, K., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2022). Dongeng Kancil dan Buaya Sebagai Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia 8-9 Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 410–414. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1892

Lutfiwati, S. (2020). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 55.

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229

Santika, L., & Toharudin, M. (2022). Implementasi Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(18), 251–261.

Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137.

Solahudin, D. dkk. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1404–1409.

Surya, S., & Lubis, I. S. (2019). Studi kasus tentang minat baca anak. Seminar Bahasa, Sastra, Dan Seni, 524–541.

Syarqawi, A., Fahira, A., Khalid, H. I., Kharismaylinda, J., & Nurhidayah. (2022). Upaya Peningkatan Minat Membaca melalui Rumah Baca pada Anak di Desa Stabat Lama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 5.

Utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4(1), 180.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Eka Nanda Banowati, Mudrikatunnisa Mudrikatunnisa, Alvita Rizki Maula, & Nur Fajrie. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas II Di SDN 2 Kedungsarimulyo. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4), 116–127. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.448