PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DASAR DI BEBERAPA SEKOLAH YANG ADA DI PEKANBARU DAN PENERAPAN LITERASI YANG ADA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Amelia Ramadhani Fitri Universitas Islam Riau
  • Putri Siska Meilani Universitas Islam Riau
  • Shakila Nizaliana Universitas Islam Riau
  • Silvya Mitra Angraini Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.411

Keywords:

Gerakan Literasi, minat baca

Abstract

Gerakan literasi merupakan gerakan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan wawasan dalam membaca, menulis, dan sebagainya sehingga tercipta pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan oleh sekolah dan mengidentifikasi kendala yang dihadapinya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber, yaitu guru dan siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi lapangan dokumentasi, dan wawancara yang diikuti dengan teknik catat. Data yang dianalisis terdiri dari pengumpulan data kemudian dideskripsikan dan ditarik suatu kesimpulan. Dari hasil kesimpulan yang diperoleh adalah meningkatkan minat baca siswa, salah satunya dengan menerapkan gerakan literasi membaca 15 menit gerakan literasi membaca 15 menit. Dengan adanya gerakan literasi membaca ini, siswa akan merasa lebih dekat dengan literasi dan buku.

References

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866-2873.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Amelia Ramadhani Fitri, Putri Siska Meilani, Shakila Nizaliana, Silvya Mitra Angraini, & Febrina Dafit. (2023). PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DASAR DI BEBERAPA SEKOLAH YANG ADA DI PEKANBARU DAN PENERAPAN LITERASI YANG ADA DI SEKOLAH DASAR. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 217–225. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.411