Pluralisme Pada Interaksi Sosial Siswa Muslim Dan Siswa Non Muslim Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.227Keywords:
interaksi sosial, pluralisme, siswa muslim, siswa non muslimAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberagaman yang ada di Negara Indonesia ini dengan beragam aspek agama, suku, etis, budaya , dan ketertarikan peneliti dalam melihat harmonisasi siswa muslim dengan siswa non muslim di SDN Ngadirejo yang didasari oleh interaksi yang mereka lakukan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Pluralisme pada interaksi sosial siswa muslim dengan siswa non muslim di SDN Ngadirejo terjalin dengan baik, saling menghargai satu sama lain tanpa ada rasa perbedaan. Pluralisme pada interaksi sosial siswa muslim dan non muslim yaitu melalui asosiatif dengan kerjasama dan akomodasi.
References
Afifuddin, & Saebani, A. B. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. CV Pustaka Setia.
Ghofir, J., & Khoiriyah. (2022). Pluralisme Budaya dalam Pendidikan Dakwah Islam Multikultural. Busyro : Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, 3(2), 65–75. https://doi.org/10.55352/kpi.v3i2.582
Hamdi, I. M. (2019). Jejak-Jejak Pluralisme Agama dalam Sufisme. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 17(2), 263–282.
https://doi.org/10.18592/khazanah.V17i2.3207
Harfiyanto, D., Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMA N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4(1), 1–5.
Hernawan, W. (2017). Prasangka Sosial dalam Pluralitas Keberagamaan di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Sosiohumaniora, 19(1), 77–85.
https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i1.9543
Huda, M. T., & Maghfiroh, I. A. (2019). Pluralisme dalam Pandangan Pemuda Lintas Agama di Surabaya. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(1), 1–21.
https://doi.org/10.33363/swjsa.v2i1.50
Kurnia, D., & Latifa, S. (2022). Model Pendidikan Islam berbasis Pluralisme. At-Tazakki, 5(1), 163–172.
Maahury, Y. R. (2022). Pluralisme di Kabupaten Jayapura sebagai Sketsa Pemikiran Membangun Bhineka Tunggal Ika Menuju Indonesia Damai. Titian: Jurnal Ilmu Huaniora, 6(2), 157–181. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21596
Nurokhim, M. (2022). Pluralisme dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma ’ Arif 1 Metro. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 1(3), 821–831.
Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.
Putra, M. S. (2020). Implementasi Konsep Pluralisme dalam Membangun Keharmonisan Hidup Beragam Di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 432–436.
Ritzer, G. (2007). Teori Sosial Modern. PT Rineka Cipta.
Sari, E. S. (2021). Konsep Pluralisme Pendidikan Islam di Indonesia dalam Perspektif Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Awwaliyah: Jurnal Pgmi, 4(2), 73–86.
https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.766
Sari, E. S., & Dozan, W. (2021). Konsep Pluralisme Pendidikan Islam di Indonesia dalam Perspektif K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ta’limuna, 10(2), 21–39.