IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 JUJUHAN ILIR KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI

Authors

  • Deris Afrilianto Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.225

Keywords:

Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dari observasi dan kegiatan pembelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Dalam pelaksanaannya masih ditemukan peserta didik hanya menerima apa yang disampaikan guru tetapi tidak benar-benar memahaminya. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan belajar mengajar yang masih kurang efektif yang dilaksanakan oleh guru. Guru kurang mengaitkan permasalahan di lingkungan sekitar dengan pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di lakukan di SMP N 1 Jujuhan Ilir, yang berlokasi di Desa Sarimulya, Jl. Sutoyo, Kecamatan Jujuhan Ilir, Kabupaten Bungo. Informan penelitian ini yaitu guru PAI sebagai informan kunci dan informan pendukung yaitu guru dan siswa/i kelas VIII. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data. Kemudian teknik keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data dan triangulasi  sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP N 1 Jujuhan Ilir, Kab. Bungo, Jambi telah menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) berdasarkan langkah- langkah PBL yang dipadukan dengan media seperti laptop. Implementasi Problem Based Learning (PBL) berdampak terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik, menjadikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih kontekstual, menyenangkan, dan mengarah.

 

References

Al-Quran dan Terjemahannya, Al Isra’[17]:70 (Jakarta: Departemen Agama RI, 2014).

Andriati Irna, Zulfani Sesmiarni, dan Armanida, Implementasi Pendekatan Scientific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar, The Journal Of Educative Studies. Vol,2 No, 2 (2017).

Arifin H.M., Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan PendekatanInterdisipliner.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta:Rineka Cipta, 2013).

Badan Standar Nasional Pendidikan, Standar Kompotensi dan Kompetensi DasarSMP/MTs (Jakarta: BSNP, 2006).Badan Standar Nasional Pendidikan.

Bruner J, “Constructivist Theories,” accessed January 21, 2018, http://mennta.hi.is /starfsfolk/solrunb/construc.htm

Dangnga Siri, Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif (Makassar: Sibuku, 2015).

Daradjat Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. X (Jakarta: Bumi Aksara, 2012). Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam.

Fatoni Abdurrahman, , Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: PT. Rinekha Cipta, 2006).

Hamalik Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007).

Hamdani Julfi, Peserta didik SMP N I Jujuhan Ilir, “Wawancara, 27 Mei 2022. Hermida (dkk), Kesulitan Belajar PAI di Era New Normal Pada Siswa Kelas VIII SMP N 02 Kenagarian Batahan Kecamatan Ranah Baratahan Kabupaten Pasaman Barat, Jurnal Mutidisiplin, Vol. 1, No. 1 (2022).

Irham Muhammad dan Novan Ardy Wiyani, Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasidalam Proses Pembelajaran (Yogyakarta: Arruzmedia, 2013).

Jones R. W., “Problem-based Learning-Description, Advantages, Disadvantages, Scenarios and Facilitation.pdf,” Anaesthesia and Intensive Care 34, no. 4 (Agustus 2006),

Karti, Wakil Kepala Sekolah SMP N I Jujuhan Ilir, “Wawancara, 28 Mei 2022 Kasmirizal, Kepala Sekolah SMP Negeri I Jujuhan Ilir, “Wawancara, 11 April

M. Djunaidi Ghony, Model Penelitian Kualitatif, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).

Madjid Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004).

Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah (Ujung Pandang: Yayasan Ahkam, 1996), h. 34.

Mokh. Iman Firmansyah, Pendidikan Agama Islam, Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 17 No. 2 – 2019.

Moleong Lexy J., Model Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosdakarya, 2012). Muhaimin, Paradigma Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004).

Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, h. 241. Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran.

Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002).

Qizah Arizul Intan, “Peserta didik Kelas VIII SMP N I Jujuhan Ilir, “Wawancara, 27 Mei 2022

RI Departemen Agama., Al-Quran dan Terjemahnya, Edisi Revisi (Semarang: PT Karya Toha Putra, 2016.

Salim dan Kurniawan, Studi Ilmu Pendidikan Islam. Salim dan Kurniawan, Studi Ilmu Pendidikan Islam.

Suparman M. Atwi, Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan, Edisi Keempat (Jakarta: Erlangga, 2014).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Wahyuni Ira (dkk), Penerapan Model Ceramah Plus Dalam Pembelajaran Pai Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas 5 Sd N 02 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022, Jurnal Multidisiplin Ilmu, Vol. 1, No. 1 (2022).

Wahyuni Ira (dkk), Penerapan Model Ceramah Plus Dalam Pembelajaran Pai Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas 5 Sd N 02 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022, Jurnal Multidisiplin Ilmu, Vol. 1, No. 1 (2022).

Yuliani Gina (dkk), Penggunaan Platform Online oleh Guru PAI, Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol, 9, No, 1 (2022).

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Deris Afrilianto, Zulfani Sesmiarni, Junaidi, & Muhiddinur Kamal. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 JUJUHAN ILIR KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 198–218. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.225