Problematika Siswa Muslim Dalam Mengikuti Pembelajaran PAI Di SD Keluarga Kudus Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Dini Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles Charles Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.218

Keywords:

Problematika, pembelajaran pendidikan agama Islam

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sedikitnya jumlah siswa minoritas muslim sehingga siswa kurang bersosialisasi saat jam pembelajaran pendidikan agaman Islam, lingkungan mayoritas Kristen sehingga berbeda dengan budaya Islami. Oleh karena itu guru harus memiliki upaya-upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran tersebut agar terciptanya proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang efektif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui problematika yang terjadi pada pembelajaran pendidikan agama Islam, dan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif jenis deksriptif, dengan menggunakan informan kunci guru pendidikan agama Islam, dan siswa minoritas Islam, serta informan pendukung adalah kepala sekolah. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan veribikasi data. Untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil wawancara yang dilakukan pada informan kunci dan pendukung dengan hasil pengamatan secara langsung oleh penulis. Hasil penelitian ini adalah beberapa problematika yang terjadi saat pembelajaran agama Islam sedikitnya jumlah siswa muslim minoritas, lingkungan mayoritas Kristen sehingga berbeda dengan budaya Islami serta sarana dan prasarana kurang memadai. Adapun upaya untuk mengatasi problematika tersebut adalah guru harus memberi motivasi agar siswa semangat dalam belajar agama Islam terkait dengan kondisi sekitar, bagi guru harus adanya kegiatan ice breaking atau pencair suasana agar siswa tidak bosan, dan untuk problematika sarana dan prasarana diharapkan pihak sekolah untuk memberi perhatian terkait sarana dan dalam proses pembelajaran agama Islam

 

 

References

Ahyat, Nur. 2016. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 4 No. 1.

Andriati, Irna, dkk. 2017. Implementasi Pendekatan Scientific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Educative: Journal of Education Studies, Vol. 2 No. 2.

Apriliyanto, Irwan, dkk. 2020. Manajemen Peserta Didik. Jawa Tengah: Anggota IKAPI.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Bagja Sulfemi, Wahyu. 2018. Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, lingkungan sekolah, dan Intelegansi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan.

Budyartati, Sri, dkk. 2016. Problematika Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jawa timur: CV. AE Media Gravika.

Dute, Hasruddin. 2021. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Publica Indonesia Utama.

Elihami dan Abdulllah Syahid. 2018. Penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Jurnal Edumaspul , Vol 2 – No1.

Haris Zubaidillah, Muh. dan M. Ahim Sulthan Nuruddaroini. 2019. Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Jenjang SD,SMP Dan SMA, Addabana 2, no. 1.

Kamal, Muhiddinur dan Junaidi. 2018. Multikultural Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keberagaman Siswa SMK N 1 Ampek. 13, no. 1.

Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, Vol.1 No. 1.

Maleong, Lwxi J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulia, Elvira, dkk. 2021. Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya, Dirasat: Jurnal Managemen dan Pendidikan Islam, Vol 7 No. 2.

Nipro. 2022. Wawancara Dengan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Keluarga Kudus Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Nurdin, Abidin Al Caidar DKK. 2018. Gerakan Sosial Keagamaan Indonesia, Sulawesi: Unimal Press.

Rauf, Abd. 2015. Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 03. No. 01.

Riyadi, Cakra Hadepa dan Wahidah Rahman Noor Malitasari. 2019. Pendidikan Iklasi dan Pendayagunaan Zakat. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Rila, Alif, dkk. 2021. Pembelajaran PAI Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di SMP N 2 Tilatang Kamang, Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, Vol. 4 No. 2.

Rosidin. Metode Tafsir Tarbawi Praktis. Malang: Genius Media.

Rusdiana.A. 2014. Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan SAINS dan teknologi. Vol. VIII, No. 2.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Salmiwati. 2013. Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Nilai- Nilai Multikultural, Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1 No 4.

Subakti, Nanaz. 2010. Implementasi Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Terpadu (Studi Deskriptif Pada SD Plus Islam Terpadu Bhaskara Sukamelag-Subang). Jurnal Tarbawi 1, no. 1.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.

Sunafiah Faisal. 1981. Metodologi Penelitian. Bandung: Ghalia Indo

Sutiah. 2019. Budaya Belajar dan Inovasi Pembelajaran PAI. Siduarjo: Nizamia Learning center.

Syafaat, Aat dan Sohari Sahrani. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tambak, Syahrani. 2014. Pendidikan Agama Islam Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umam, Chotibul. 2016. Inovasi Pendidikan Islam Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. Riau: DOTPLUS Publisher.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Dini Sri Wahyuni, Wedra Aprison, Charles Charles, & Junaidi Junaidi. (2023). Problematika Siswa Muslim Dalam Mengikuti Pembelajaran PAI Di SD Keluarga Kudus Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 88–107. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.218