Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Pelanggaran Kedisiplinan Sekolah

Authors

  • Nella Agustina Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Alimir Alimir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Jasmienti Jasmienti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Arifmiboy Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.216

Keywords:

Strategi Mengatasi Pelanggaran Disiplin

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk memanusiakan manusia. Guru pendidikan agama Islam khususnya adalah orang yang bertanggung jawab langsung terhadap pembinaan akhlak dan menanamkan norma-norma hukum tentang baik dan buruk atas segala perbuatan yang dilakukan baik di dunia maupun di dunia. Permasalahan yang diangkat adalah, ada siswa yang sering membolos sekolah, ada siswa yang merokok di kantin sekolah, ada siswa yang tawuran, ada siswa yang suka mencoret-coret meja dan dinding serta ada siswa yang membawa handphone ke sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggambarkan kejadian yang terjadi di lapangan. Lokasi penelitian ini adalah SMPN 2 Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Dengan informan kunci 3 Guru PAI, dan informan pendukung adalah wakil kepala sekolah, 1 guru BK, dan 4 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan pengolahan dan analisis data. Selanjutnya dilakukan pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa secara umum terdapat beberapa pelanggaran tata tertib sekolah yang sering terjadi di SMPN 2 Ujung Batu seperti membolos, mencorat-coret dinding sekolah, membawa handphone ke sekolah, merokok dan tawuran antar sesama siswa. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi pelanggaran tata tertib sekolah adalah: Strategi preventif (pencegahan), strategi represif yaitu upaya yang dilakukan setelah terjadinya pelanggaran, dan strategi kuratif yaitu pemberian sanksi.

References

Amin, Samsul Munir, 2000,Bimbingan dan Konseling Islam ,Jakarta:Amzah,

Aminuddin, 2006, Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam, ,Yogyakarta : Graha Ilmu,

Aqib, Zainal, 2003, Model-model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual ,Indovatif,, ,Bandung : Yrama Widya,

Ariesandi, 2008, Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, ,Jakarta:PT,Gramedia Pustaka Utama,

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Peneltian, ,Bandung : G.ia Indonesia,

Bungin, Burhan, 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif, ,Jakarta : PT Raja Grafindo Persada,

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia 2002, Jakarta : Balai Pustaka,

Dhihiri, Taufik Rohman dan Soemarno, 2007, Sosiologi , Jakarta :Tim Yudhistira,

Dhohir, Taufiah Rohman, 2007, Sosiologi kehidupan masyarakat, ,Jakarta : G.ia Indonesia,,

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, 2000, Strategi Belajar Mengajar, ,Jakarta : PT. Rineka Cipta,

Drajat, Zakiah dkk, 2002, Ilmu Pendidikan Islam, ,Jakarta : Bumi Aksara,

Efferin, Sujoko dan Bonnie Soeherman, 2000, Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manejemen Filosofi dan Aplikasi, ,Jakarta : Gramedia,

Erhansyah, 2008, “Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Transisi” ,Tadrib, no. 2,

Faisal, Sanafiyah, 1998, Metodologi Penelitian Pendidikan, ,Surabaya : Usaha Nasional,

Hamdani, 2000, Strategi Belajar Mengajar, ,Bandung, Pustaka Setia

Harahap, Musaddad, 2006, “Esensi Peserta didik dalam Perpsektif Pendidikan Islam”, Jurnal Al-Tharagah, Vol., No.2,

Hasbullah, 2002, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, ,Jakarta: Rajawali Pers,

Heri AS, 2007, Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Penanganan Perilaku Indisipliner Siswa di SMA Inshafuddin Banda aceh ,Skripsi,

Iimron, Ali, 2000 , Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, , Jakarta : Bumi Aksara,

Iqbal, Muhammad, 2004, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Peserta didik SMA N Pomala Kabupaern Kolaka” , Pasca Sarjana : Konsentrasi Pendidikan dan Keguruan : Makassar,

Istikomah, Nurul, 2006, Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi masalah kedisiplinan Siswa Di SMP Muhamadiyah 05 Wonosegoro Kabupa-ten Boyolali ,Skripsi,

Izzan, Ahmad, 2005, Membangun Guru Berkarakter ,Jakarta : PT. Humaniora Utama Press,

KBBI Online, dalam https://kbbi.kemdikbut.go.id/entri/pelanggaran, diakses pada tanggal 5 Agustus 2022

Maleong, Lexy J., 1995, Metode Penelitian Kualitatif, ,Bandung : Rosda Karya, Cet-5,

Maman, 2006, Metodologi Penelitian Agama, ,Jakarta : PT Raja Grafindo Persada,

Muhammad, Ibn Majah Abu Abdillah ibn Yazid al-Qazwaini, 2000, Sunan Ibn Majah, cet. 2 ,Riyad : Darussalam, jilid. I,

Mumtahah, Norotun, 2005, “Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja Secara Preventif, Represif, Kuratif, dan Rehabilitas” ,Vol. 5,

Nasution, Andi Hakim, 2002, Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja Cet. ,Ciputat : Logos Wacana Ilmu,

Nuraeni, Strategi Pembelajaran untuk Anak Usia Dini, jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran, Vol 2. No. 2,

Nuryamin, 2002, Strategi Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Kehidupan Sosial-Keagamaan ,upaya membumikan pendidikan Islam,

Prihatini, Yogia, Wahyudi, Nur Hasanah, Muhammad Ridha DS, 2009, “Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop”, Jurnal Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol.9, No. 02, Desember

Rusman, 2002, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, ,Jakarta : Rajawali Press,

S. Margono, 2007, Metodologi Penelitian Pendidikan, ,Jakarta : Rineka Cipta, Cet. Ke 6,

Shapiro, Lawrence E., 1997, Kiat-kiat Mengajarkan Emosional Anak, Jakarta: Gramedia,

Slameto, 1998, Bimbingan di Sekolah ,Jakarta:Bina Aksara,

Sundari, Yayuk, 2008, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMP PTPN BP. Mandoge” ,Skripsi Sarjana : Jurusan Tarbiyah : Medan

Suparman S, 2002,Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa,,Yogyakarta: Pinus book publisher

Suriana, Kontrol Sosial Guru pada Pelanggagaran Tatat Tertib Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Watansoppeng ,Skripsi,

Susilo, Sutarjo Adi, 2002, Pembelajaran Nilai Karakter, ,Jakarta : Rajawali Press,.

Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf, 2008, Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat ,Kulon Gresik : Caremedia Communication,

Undang-undang RI No. 4 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, 2006 ,Bandung : Citra Umbara,

Uno, Hamzah B., Nina Lamatenggo, 2006, Tugas Guru dalam Pembelajaran, ,Jakarta : PT. Bumi Aksara,

Wedra Aprison, 2002, “Kreativitas Guru dan Kemampuan Mengelola Kelas Terhadap Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 7, No. 2

Woolfolk, Anita E., 2004, Mendidik Anak-anak Bermasalah Psikologi Pembelajaran II, ,Cet. I : Jakarta: Insani Press,

Yamin, Martinis, 2003, Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran, Referensi,,Gp Press Group, Ciputat Jakarta,

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Nella Agustina, Alimir Alimir, Jasmienti Jasmienti, & Arifmiboy Arifmiboy. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Pelanggaran Kedisiplinan Sekolah . ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 68–87. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.216