Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII Di MTSN 3 Agam Kenagarian Balingka Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.215Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Motivasi Belajar, Al-Qur’an HadistAbstract
Skripsi ini ditulis dari fenomena yang dialami oleh pendidik terutama pada peserta didik kelas VII di MTsN 3 Agam.Skripsi ini berkaitan dengan penggunaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist.Berkenaan dengan hal tersebut maka dalam uraian skripsi berangkat dari 2 permasalahan bagaimana penggunaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist? Apa saja kendala dalam penggunaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Sumber data atau informan kunci yang ada dalam penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadist sedangkan informan pendukung adalah siswa/siswi kelas VII di MTsN 3 Agam.Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan LKPD dapat mempemudah dan membantu guru dalam proses pembelajaran karena LKPD dijadikan sebagai alat bantu bagi pendidik dalam pemberian tugas dan juga latihan dirumah. Sedangkan bagi siswa LKPD bisa dijadikan sebagai alat bantu untuk siswa belajar dirumah, jika siswa tersebut bersungguh-sungguh ketika proses pembelajaran serta memperhatikan guru dalam menerangkan. Sesuai dengan perkataan guru Al-Qur’an Hadist tersebut jangan mengharapkan nilai tetapi berharaplah bisa mendapatkan ilmu.Jika memiliki ilmu maka juga bisa mendapatkan nilai terbaik. Adapun kendala yang dialami dalam penggunaan LKPD yaitu: 1) Siswa terkendala biaya pembelian LKPD karena kemampuan ekonomi orang tua yang berbeda-beda. 2) Tingkat motivasi belajar siswa yang berbeda-beda.
References
Al-aulia, J. (2020). Jurnal Al-Aulia Volume 06 No 2 Juli-Desember 2020. 06(2), 66–81.
Ar Rasikh, A. R. (2019). Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib Kekait Lombok Barat. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 14–28. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1107
Fuadi, A. (n.d.). Tahta Media Group.
Muhammad Hasan Baidlawie, B. T. E. S. dan. (2018). Pendidik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 652–671. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.556
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Ratnasari, K. I. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100–109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166
Ritonga, A. R. (2016). Memaknai Terminologi Jihad Dalam Al-Qur`an Dan Hadis. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 2(1), 92. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v2i1.105
Sesmiarni, Z. (2017). Membendung Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan Melalui Pendekatan Brain Based Learning. Kalam, 9(2), 233. https://doi.org/10.24042/klm.v9i2.330
Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 179. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743