Penerapan Metode Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Di TPQ Al-Azhar Nagari Abai Siat

Authors

  • Mariani Fitri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir M Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.209

Keywords:

Metode, Membaca Al-Qur'an, Menulis Al-Qur'an, TPQ

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode membaca dan menulis Al-Qur'an, di TPQ Al-Azhar banyak siswa yang menyukai belajar membaca dan menulis Al-Qur'an. -Alquran yang diterapkan di TPQ? Bagaimana menerapkan metode membaca dan menulis? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan desain studi penelitian lapangan (Field research). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dari sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Azhar yaitu metode bandongan, sorogan, hafalan dan ceramah, dari dulu sampai sekarang. (2) Penerapan metode penulisan Al-Qur'an di TPQ Al-Azhar adalah Imla' manqul, Imla'mandhur, Imla' ghairu al-mandhur, Imla' ikhtibari. (3) Faktor pendukung dan penghambat di TPQ Al-Azhar adalah faktor yang mendukung proses pembelajaran Al-Qur’an yaitu guru selalu memberikan pekerjaan rumah berupa menulis dan menghafal ayat-ayat tertentu kemudian keesokan harinya dititipkan dan dibimbing dengan tujuan agar lebih semangat dan giat dalam belajar Al-Qur'an. Dan faktor penghambatnya adalah rasa malas atau bosan pada saat proses pembelajaran, hal ini bisa terjadi karena guru yang monoton atau pelajaran yang kurang menarik.

References

Abdul Chaer, Perkenalaan Awal Dengan Al-Qur’an (Jakarta: Renika Cipta, 2014)

Adb, Atang, and hakim, Metode Studi Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Ahmad Lutfi, M.Si, Pembelajaran Al-Qur’an Dan Hadits, 2009 (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI,)

Ahmad Shamns Madyan, Peta Pembelajaran Al-Qur’an (Yogyakarta: perpustaka pelajran, 2008)

Anshori, Ulumul Qur’an Kaidah-Kaidah Memaham Firman Tuhan (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

———, Ulumul Qur’an Kaidah-Kaidah Memahami Firman Tuhan, ed. by Rajawali Pers (Jakarta, 2013)

Departemen Agama RI, Metode-Metode Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Umum (Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1998)

Dimyati, and Mujiono, Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: Renika Cipta, 2013)

Endang Mulyatiningsi, Metode, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2012)

Fachruddin Ambo Enre, Dasar-Dasar Kemampuan Menulis (Jakarta: Depdibut, 1987)

Kamus Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)

Lexsy J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 2008)

Lutfi, Ahmad, Pembelajaran Al-Qur’an Dan Hadis (Jakarta: Di Rektorat Jendral Pendidikan Islam Depertemen Agama RI, 2009)

Marlina gazli, M, PdI, Dasar - Dasar Pendidikan, 2008

Qomar, Mujamil, Pesantren Dari Metodologi Menuju Demokrasi Institusi (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007)

S. Marguno, Metodologi Peneltian Pendidikan (Jakarta: Renika Cipta, 2007)

Salaudin, Anas, Filsafat Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2011)

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pres, 2011)

Slthon, M dan Khusnurridlo, Manajemen Pesantren Dalam Perspektif Global (Yogyakarta: laksbang peress)

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2007)

Suhasimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Ranika Cipta, 2002)

Zainuddin Ali, Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Mariani Fitri, Iswantir M, Zulfani Sesmiarni, & Muhiddinur Kamal. (2023). Penerapan Metode Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Di TPQ Al-Azhar Nagari Abai Siat . ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 44–56. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.209