Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif dan Negatif Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 11 Alur Bandung dengan Menerapkan Metode Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization)
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.187Keywords:
Kartu Soal, Model, PembelajaranAbstract
Hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif tahun pelajaran 2019/2020 sangat rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan guru sekitar 70% mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah untuk pembelajaran Matematika kelas IV yaitu 60.
Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif pada pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 11 Alur Bandung semester genap tahun pelajaran
Hasil yang didapat setelah pelaksanaan penelitikan tindakan kelas dengan menerapkan metode kooperatif tipe Team assisted Individualization (TAI) selama 2 siklus penelitian adalah Pada Siklus II jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM pada perbaikan pembelajaran siklus II meningkat dari jumlah yang sebelumnya 10 orang menjadi 14 orang mendapatkan nilai diatas KKM. Pada siklus II ini terjadi pula penurunan jumlah siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM setelah dievaluasi yaitu hanya tinggal 6 orang atau sekitar 30% dari 20 orang siswa.
References
Abror, Rahman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Arikunto. S. ( 1990 ). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, M.L. (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Offset Printing.
Baharuddin, dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Rosadila. (2007). Penerapan Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) Pada Kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak: STKIP PGRI.
Rusyani, tabrani dkk. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: FKIP Uninus
Antono, dkk (2006). Buku Matematika IV SD/MI, Jakarta: Erlangga
Purnomo, J. (2010). Mahir Matematika kela IV SD, Surabaya: Sinar Pustaka