UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN MELOMPAT HURUF PADA ANAK KELAS B DI PAUD MAKEREK BADAEN

Authors

  • Isidorus Yunus Mali STKIP Nusa Timor

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.173

Keywords:

Motorik Kasar, Melompat Huruf

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui   permainan melompat huruf pada anak    kelas B   di PAUD Makerek Badaen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelas B dengan jumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, yakni untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar melalui   permainan melompat huruf pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I  Pertemuan  ke 1 mencapai  10% terdapat anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 1 anak, (10%)  Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 3 anak (30%), Mulai Berkembang (MB) ada 3 anak   (30%), Belum Berkembang (BB) 8 anak (80%) Sedangkan pada siklus I   pertemuan ke-2 BSB 4 anak (40%) BSH 3,(30%), Mulai Berkembang (MB) 4 (40%),(Belum Berkembang (BB) 4 anak (40% ), kemudian  pada Siklus  II  pertemuan ke- 1 dari 15 anak yang  BSB 7 anak  mencapai (70%), BSH 2 (20%), MB 4 (40%), BB 2 (20%).  Selanjutnya    pada   Siklus II pertemuan ke- 2 Berkembang Sangat Baik (BSB) 12 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak (20%) Mulai Berkembang (MB) 1 anak (10%) dan   Belum Berkembang (BB ) tidak ada. Yang memperoleh   BSB 12 anak   mencapai 80 %   yang sudah ditargetkan oleh peneliti. Maka kemampuan motorik anak melalui   permainan melompat huruf pada anak kelas B di PAUD Makerek Badaen dapat meningkat.

 

 

 

References

Dian Adriana, (2013). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak. Jakarta Salemba Medika

Fitri Ayu Fatmawati, (2012) Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Penerbit: Caremedia Kommunication Jl. Sadewa Kec.Kedannyang Kab Gresik Jawa Timur E-mail: Caremediacomm @ gmail. Com wwwcaremedia web.id

Harun, Fahria. (2013), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca HuruF Abjad kepada Anak Usia. Skripsi.Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru: Jakarta: Rajawali Pres.

Lestari Endah Puji, Pentingnya Penddikan Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Diakses pada Tanggal 18 Mei 2022, 11.20 dari http: //endahpujilestari1110029. wordpress.com/artikel-paud-2aud/artikel-pentingnya-pendidikan- anak- usia-dini-bagi- tumbuh-kembang-anak

Masjoe (2013) Hakekat Membaca Permulaan. Diakses pada tanggal 28 Mei 2022 dari http://infomasjoe.blogspot.com/2013/03/hakekat-membaca-permulaan.html

Munandar Utami. 2012.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta; Rineka Cipta

Purwanti, Purwanti.2012. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Kartu Huruf di Tk masyitoh Slegrengan, Muhamadiyah Surakarta

Raihana, Raihana, dan Dian Triutami Utami. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf melalui permaianan Melompat Abjad

Rasyid, Perkembangan Anak Usia Dini (Yogyakarta: Gava Media, 2022).

Syamsidah, (2015:11), Permainan PAUD di dalam dan di luar Kelas. Jakarta: Diva Kids.

Sugiyono, (2013:3) Metode Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif’ R & D Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2013:134, Pengertian Observasi, Jakarta Citra Pustaka

Wina Sanjaya, (2011:86) Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Kencana.

Wendi Kuswandi. (2014). Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Isidorus Yunus Mali. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN MELOMPAT HURUF PADA ANAK KELAS B DI PAUD MAKEREK BADAEN. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.173