UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN MELOMPAT HURUF PADA ANAK KELAS B DI PAUD MAKEREK BADAEN
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.173Keywords:
Motorik Kasar, Melompat HurufAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan melompat huruf pada anak kelas B di PAUD Makerek Badaen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelas B dengan jumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, yakni untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan melompat huruf pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I Pertemuan ke 1 mencapai 10% terdapat anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 1 anak, (10%) Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 3 anak (30%), Mulai Berkembang (MB) ada 3 anak (30%), Belum Berkembang (BB) 8 anak (80%) Sedangkan pada siklus I pertemuan ke-2 BSB 4 anak (40%) BSH 3,(30%), Mulai Berkembang (MB) 4 (40%),(Belum Berkembang (BB) 4 anak (40% ), kemudian pada Siklus II pertemuan ke- 1 dari 15 anak yang BSB 7 anak mencapai (70%), BSH 2 (20%), MB 4 (40%), BB 2 (20%). Selanjutnya pada Siklus II pertemuan ke- 2 Berkembang Sangat Baik (BSB) 12 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak (20%) Mulai Berkembang (MB) 1 anak (10%) dan Belum Berkembang (BB ) tidak ada. Yang memperoleh BSB 12 anak mencapai 80 % yang sudah ditargetkan oleh peneliti. Maka kemampuan motorik anak melalui permainan melompat huruf pada anak kelas B di PAUD Makerek Badaen dapat meningkat.
References
Dian Adriana, (2013). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak. Jakarta Salemba Medika
Fitri Ayu Fatmawati, (2012) Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Penerbit: Caremedia Kommunication Jl. Sadewa Kec.Kedannyang Kab Gresik Jawa Timur E-mail: Caremediacomm @ gmail. Com wwwcaremedia web.id
Harun, Fahria. (2013), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca HuruF Abjad kepada Anak Usia. Skripsi.Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru: Jakarta: Rajawali Pres.
Lestari Endah Puji, Pentingnya Penddikan Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Diakses pada Tanggal 18 Mei 2022, 11.20 dari http: //endahpujilestari1110029. wordpress.com/artikel-paud-2aud/artikel-pentingnya-pendidikan- anak- usia-dini-bagi- tumbuh-kembang-anak
Masjoe (2013) Hakekat Membaca Permulaan. Diakses pada tanggal 28 Mei 2022 dari http://infomasjoe.blogspot.com/2013/03/hakekat-membaca-permulaan.html
Munandar Utami. 2012.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta; Rineka Cipta
Purwanti, Purwanti.2012. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Kartu Huruf di Tk masyitoh Slegrengan, Muhamadiyah Surakarta
Raihana, Raihana, dan Dian Triutami Utami. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf melalui permaianan Melompat Abjad
Rasyid, Perkembangan Anak Usia Dini (Yogyakarta: Gava Media, 2022).
Syamsidah, (2015:11), Permainan PAUD di dalam dan di luar Kelas. Jakarta: Diva Kids.
Sugiyono, (2013:3) Metode Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif’ R & D Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2013:134, Pengertian Observasi, Jakarta Citra Pustaka
Wina Sanjaya, (2011:86) Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Kencana.
Wendi Kuswandi. (2014). Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan