Implementation of Islamic Religious Education Values in Preventing Bullying Behavior at SMP Negeri 2 Sangatta Utara
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v3i3.1604Abstract
Perilaku bullying terus berkembang di lingkungan sekolah dan berdampak negatif terhadap perkembangan mental, emosional, dan sosial siswa. Oleh karena itu, diperlukan upaya pencegahan yang sistematis dan berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying dan faktor-faktor yang memengaruhinya di SMP Negeri 2 Sangatta Utara. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dan dilakukan langsung di lapangan. Informan penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam (PAI), guru Bimbingan dan Konseling (BK), dan siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikannya, dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dilakukan melalui penanaman sikap religius, pengajian berjamaah Al-Qur'an, dan keteladanan guru dalam hal akhlak dan ibadah. Faktor-faktor yang memengaruhi implementasi nilai-nilai tersebut meliputi faktor internal (kesadaran diri), faktor lingkungan keluarga, dan faktor interaksi sosial. Penerapan nilai-nilai Islam terbukti berperan penting dalam membentuk karakter siswa agar menghargai orang lain dan menolak perilaku bullying.
References
Freska, N. W., & Kep, M. (2023). Bullying dan kesehatan mental remaja. CV. Mitra Edukasi Negeri.
Jamal, S. A., Jannah, M., & Gusmaneli, G. (2025). Pendekatan Strategis dalam Pembelajaran PAI Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadis. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(3), 333–346.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi guru dalam membentuk karakter siswa melalui nilai-nilai kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179.
Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying Di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1–14.
Putra, A., Sholihin, M., & Sandi, Q. (2023). Dampak Kekerasan dan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan serta Pencegahannya. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 10(2), 16–30.
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85.
Samsudin, L. (2024). Fenomena Kriminologis Bullying Di Kalangan Peserta Didik Studi Kasus Di MI NWDI Pringgasela. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).
Sanusi, I., Ruswandi, U., Thohir, A., & As’ad, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Modersi Beragama Melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama). Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), 880–897.
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., Nurbayani, N., Sarbaitinil, S., & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sobriyah, S., & Yakin, F. A. (2024). Konsep Wahyu dalam Islam: Fondasi Ilahi bagi Kehidupan, Pengetahuan, dan Kemanusiaan. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 152–160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





