The Application of Project-Based Learning (PBL) in Enhancing Critical Thinking Skills Among Grade XI-1 Students at MA HASYIMIYAH Bancar Tuban
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v3i3.1563Keywords:
PJBL ( Project Based Lerning) Project Based Learning,, Critical Thinking,, Active Learning,, Educational Innovation,Abstract
Project-Based Learning (PjBL) merupakan metode pembelajaran yang berorientasi pada penyelesaian masalah melalui proyek-proyek tertentu. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PjBL memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah siswa. Selain itu, metode ini juga mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan mandiri dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, PjBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di dunia nyata.
References
Arya Hasan As’ari, Nur Rofi’ah, and Mukh Nursikin. “Project Based Learning Dalam Pendidikan Agama Islam.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2, no. 4 (2023): 178–89.
Harry Dwi Putra, Ratni Purwasih, “Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Project Based Learning”. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, No.2 (2015)
Muh Ibnu Sholeh, Nur ‘Azah, Dinar Ayu Tasya’, Sokip, Asrop Syafi’i, Sahri, Hasyim Rosyidi, Zainur Arifin, Siti Fatinnah binti Ab Rahman, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal Tinta, No. 2, (2024), Hlm. 158-176
Mutiarani, Shopia, Haerunnisa, and Oman Farhurohman. “Implementasi Metode Pjbl Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Islam 05, no. 01 (2024).
Nindi Sella Yuniarti Putri, Undang Rosidin, I Wayan Distrik, “Pengaruh Penerapan Performance Assessment Dengan Model Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, No. 1 (2020). Hlm. 58-69
Nur Sopa, Dinny Mardiana, Deti Ahmatika, “Pengembangan Lkpd Model Pjbl Berbasis Stem Terkait Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains No. 3 (2023). Hlm. 320-329
Putri Dewi Anggraini, Siti Sri Wulandari .“Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), No. 2 (2021). Hlm. 292-299
Syamsul Wahid, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 22 Makassar”. Jurnal Ilmiah Ecosystem Nomor 2, (2024). Hlm. 358-368
Teofilus Ardian Hopeman , Nur Hidayah , Winda Arum Anggraeni. “Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar”. Jurnal Kiprah Pendidikan, No. 03 (2022), Hlm. 141-149
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





