Cabang – Cabang Kaligrafi Dalam Musabaqah Khattil Qur’an Dan Jenis Khat Yang Digunakan

Authors

  • Nisa Azzah Zuhdiyah

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.140

Keywords:

Khat, Kaligrafi, Musabaqah Khattil Qur’an

Abstract

Tujuan ditulisnya artikel ini adalah sebagai referensi kaligrafer-kaligrafer pemula yang belum mengenal jenis-jenis khot yang sudah ditetapkan kepenulisannya. Sehingga bermanfaat untuk menambah khazanah keilmuan tentang kaligrafi. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa Musabaqah Khattil Qur’an adalah salah satu cabang lomba yang diadakan secara bertahap pada event perlombaan MTQ tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi ataupun nasional. Perlombaan MTQ dibagi berdasarkan jenis kelamin dan berdasarkan jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA). Dalam Musabaqah Khattil Qur’an dibagi menjadi tiga bidang perlombaan, yakni kaligrafi naskah, kaligrafi mushaf dan kaligrafi hiasan. Kaligrafi hiasan dibagi lagi menjadi dua, yakni kaligrafi dekorasi dan kaligrafi kontemporer. Jenis khot yang ditetapkan dalam penulisan ada tujuh jenis, yakni khot naskhi, khot tsuluts, khot diwani, khot jali diwani, khot farisi, khot riq’ah dan khot kufi. Kaligrafi termasuk ke dalam bakat yang harus diasah dengan kesabaran, ketelatenan dan keistiqomahan. tidak bisa didapatkan dengan waktu yang singkat. Semakin dia giat berlatih dan memahami aturan kaidah yang sudah ditentukan oleh maestro kaligrafi terdahulu, maka tulisannya akan menjadi lebih indah dan tingkat ketepatannya semakin mencapai pada tingkat yang mumtaz.

References

Ahmad, Abd. Aziz. (2018). Lomba Kaligrafi Islam Kontemporer : Salah Satu Alternatif Pengembangan Kaligrafi Islam, Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, 9 Juli.

Asep Strategi. (2018). Seniman Kaligrafi Dalam Mengikuti Lomba Hiasan Mushaf Di Kota Palangkaraya, Jurnal Hadratun Madaniyah, Vol.5, Issue II, Desember.

Aulia, Aghni Ghofarun dan Nunuk Nur Shokiyah. (2013). Estetika Seni Lukis Kaligrafi Karya Syaiful Adnan. Jurnal Brikolase, Vol. 5, No. 2, Desember.

Hidayat, Nur. (2019). Workshop Penjurian Dalam Kompetisi Penulisan Kaligrafi Al Qur’an, Aksiologiya, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No.2, Agustus.

Mujib, Zainul. 2021. Kontribusi Karya Syeikh Belaid Hamidi dalam Pengembangan Pendidikan Kaligrafi Islam di Sakal (Sekolah Kaligrafi Al Qur’an) Denanyar Jombang, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5, No. 1.

Nurmalia, Lia dkk. (2021). Menumbuh Kembangkan Potensi Melalui Ekstrakurikuler Kaligrafi Bagi Siswa SD, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), Vol. 04, No.02, Juli.

Rohman, Muhammad Abdul dan Zainul Mujib. (2022). Peran SAKAL Dalam Penyebaran Kaligrafi Arab Bermanhaj Taqlidy Hamidi, Jurnal Tifani, Vol.2.

S, Jajang dkk. (2018). Analisis Visual Dan Isi Karya Kaligrafi Dekorasi Hasil MTQ Khattil Qur’an Tingkat Kabupaten Buleleng Ke-26, Jurnal PRASI, Vol. 13, No.01, Januari-Juni.

Shiddiq, Jamaluddin. (2021). Kaligrafi Kufi Dan Strategi Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial, Jurnal Qolamuna, Vol. 5, No. 2, Februari.

Shiddiq, Jamaluddin. (2022). Inovasi Pembelajaran Kaligrafi di Pesantren Kaligrafi dan Madrasah, Jurnal Tifani, Vol. 2.

Sirojuddin. 2014. Peta Perkembangan Kaligrafi Islam Di Indonesia, Al Turas, Vol. XX, No.1, Januari.

Tursina, Intan dkk. (2022). Khattil Qur’an Dan Daun Sirih Dalam Penciptaan Karya Seni Kaligrafi Grafis, Melayu Arts And Performance Journal, Vol. 5, No. 1, April.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Nisa Azzah Zuhdiyah. (2023). Cabang – Cabang Kaligrafi Dalam Musabaqah Khattil Qur’an Dan Jenis Khat Yang Digunakan. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 212–226. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.140