The Management of Facilities and Infrastructure by Administrative Staff to Improve the Quality of Educational Services at State Senior High School 3 Jambi City

Authors

  • Muhammad Romi Zalindra Universitas Jambi, Indonesia
  • Agus Lestari Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v3i3.1385

Keywords:

facilities ad infrastructure,, education management,, quality of education services,

Abstract

Studi ini mengeksplorasi bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana sekolah berkontribusi terhadap kualitas layanan pendidikan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, dengan data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur yang melibatkan staf administrasi yang bertanggung jawab atas pengelolaan sarana di sebuah sekolah menengah atas negeri, didukung oleh tinjauan pustaka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan meliputi inventarisasi, perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan evaluasi berkala, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan sekolah. Meskipun telah dilakukan upaya pengelolaan secara sistematis, tantangan seperti keterbatasan anggaran dan kurangnya kepedulian pengguna masih menjadi masalah. Sarana yang dikelola dengan baik dan akuntabel sangat mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan secara signifikan meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah.

References

Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Widya Puspita.

Azhari, M. (2017). Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Stabat). Jurnal Analytica Islamic. 6(2), 124–134.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215—240. http://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295.

Ismail, F., Pawero, A. M. D., & Bempah, A. (2021). Problematika Manajemen Sarana dan Prasarana di Madrasah Swasta. Journal of Islamic Education Leadership, 1(2), 108—124. https://doi.org/10.30984/jmpi.v1i2.155.

Khoirudin, M. A. (2013). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 24(1), 56–77.

Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15—23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363.

Safingudin, A. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan Mutu Lulusan Di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 4(1), 239-262.

Sunandar, A. (2013). Efektivitas Keberadaan Komite Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Layanan Sekolah. Universitas Negeri Malang.

Suvita, Y., Manullang, T. I. B., Sunardi, S., & Supriatna, M. (2022). Kelengkapan Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 155—164. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.601.

Downloads

Published

2025-07-24

How to Cite

Muhammad Romi Zalindra, & Lestari, A. (2025). The Management of Facilities and Infrastructure by Administrative Staff to Improve the Quality of Educational Services at State Senior High School 3 Jambi City. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(3), 96–102. https://doi.org/10.59246/alfihris.v3i3.1385