Sistem Budaya Dan Sistem Sosial

Authors

  • Sri Rahmayanti Berutu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Tiara Pramita Br Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sahlan Sahlan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.122

Keywords:

sistem budaya dan sistem sosial.

Abstract

Sistem sosial dan ekonomi merupakan komponen dari kerangka masyarakat yang lebih luas. Ketiga sistem yang disebutkan di atas dapat berbeda jika dianalisis. Ilmu sosiologi lebih cenderung menganalisis sistem sosial, sedangkan Ilmu budaya lebih cenderung menganalisis sistem sosial. Sistem digambarkan sebagai suatu kelompok dari semua bagian yang bekerja sama untuk melaksanakan suatu tugas. Ketujuh komponen sistem tersebut adalah: fungsi, set, batas, ukuran, bentuk, tenpat, hubungan, cara, sistem, masukan dan pengeluaran. Masyarakat dan kebudayaan digambarkan sebagai sistem tatanan sosial. Hubungan antara masyarakat umum dan kebudayaan mempengaruhi sistem sosial dan agama. Akibatnya, interaksi antara sistem sosial dan budaya itu memunculkan istilah "sistem sosial budaya". Pada penduduk Indonesia, sistem kesejahteraan sosial ini semakin meluas. Sistem sosial budaya tekanan tentang hubungan yang terjalin dengan masyarakat, masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan masyarakat saling mempengaruhi dan membentuk interaksi sosial. Proses dalam sosial kebudayaan yang ada di Negara Indonesia adalah kebijakan sosial totaliter dengan perundang-undangan sosial dan hak asasi manusia yang mampu menegakkan hak hidup sehat dan bermartabat dalam seluruh Pancasila. Penafsiran makna konsep sistem sosial budaya dianggap penting karena masalahnya tidak hanya menjelaskan maknanya tetapi juga menjelaskan deskripsinya melalui praktik kehidupan sosial.

References

David,C.T.dan Kerr, I.Cultural Intellegence: People Skill for Global Business. (San Francisco : Jossey Bass, Publisher. 2004). hal.22

Edward B. Tylor,Primitive Culture; Research into the Development of Mythology, Philosophy,Religion, Language, Art and Custom (1874), dalam Koenjtaraningrat, Sejarah Teori Antropologi I (Jakarta : UI Press, 1987), hal. 48.

Fernandez, S.O, Citra Manusia Budaya Timur dan Barat, (NTT: Nusa Indah 1990),hal. 28

Jacobus Ranjabar, Sistem Sosial Budaya Indonesia; Suatu Pengantar (Bogor : GHalia Indonesia, 2006), hal. 21.

Jacobus Ranjabar. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Implementasi Sistem Kesejahteraan Sosial Indonesia, Bandung: ALFABETA, 2006.

Jerald, G. and Robert, A.B.Behavior in Organizations, (Cornell University: Pearson Prentice 2008).hal.12

Koentjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993)

Koentjaraningrat, Rintangan-Rintangan Mental dalam Pembangunan Ekonomi di Indonesia, (Jakarta: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seni, 1969)

Madyo Ekosusilo, Hasil Penelitian Kualitatif Sekolah Unggul Berbasis Nilai: Studi Multi Kasus di SMAN 1, SMA Regina Pacis, dan SMA al-Islam 01.

Soleiman, Muchlis, 2013. https://www.slideshare.net/muchlissoleiman/implementasisistem-sosial-budaya-indonesia.

Downloads

Published

2022-01-08

How to Cite

Sri Rahmayanti Berutu, Tiara Pramita Br Purba, & Sahlan Sahlan. (2022). Sistem Budaya Dan Sistem Sosial. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.122