DAMPAK KELAPA SAWIT TERHADAP PEREKONOMIAN DIMASYARAKAT DI KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU

Authors

  • Meri Syafitri Universitas Islam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.117

Keywords:

kelapa sawit, penyerapan tenaga kerja ,produktivitas persepsi petani , pendapatan masyarakat

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana tenaga kerja pabrik kelapa sawit dan bagaimana produtivitas petani sawit kontribusi perkebunana pabrik kelapa sawit terhadap pendapatan karyawan yang bekerja diperkebuan kelapa sawit.penelitian dilaksankan pada bulan oktober 2022 sampai desember 2022 lokasi penelitian ini di PT IVOMAS pratama di kab. Rokan Hilir metode yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Produktivitas pabrik kelapa sawit sangat memuncak karena petani kelapa sawit selalu di tekan atasan agar mencapai target yang mereka capai.

Walaupun petani kelapa sawit yang di haruskan mencapai target pegawai pabrik sampai tidak sanggup untuk menghitung berapa % pendapatan sangking banyaknya, sehingga bekas buah kelapa sawit menumpuk di pabrik nya sampai mereka harus membuah bekas buah sawit tersebut yang biasa dibilang masyarkat sekitar janjangan. Janjangan tersebut dibuang ke hutan atau ke sawit yang belum di penen petani sawit kenapa dibuang ke sawit kembali karena janjangan terbut bisa menyuburkan sawit yang lain.penelitian sudah 3 kali untuk mewawancari pegawai pabrik kelapa sawit hasil yang didapat pendapat kelapa sawit semangkin membaik dan atasan tidak lagi menekankan peani kelapa sawit untuk mencapai target karna sudah optimal pendapatnnya.

References

Aini, E.N. et al. ( 2018) pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dikelurahan kesatria kota malang

Benoa, C (2014) pendapatan masyarakat dalam aspek tingkat perekonomian disemarang.

Cyndrea, A., et al. (2018). Dampak Perkebunan Kelapa Sawit Dalam Sosial Ekonomi Di Kecamatan Kota Bangun Kutai Kertanegara. Jurnal Agribisnis Pertanian dan Komunikasi Pertanian.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Meri Syafitri. (2023). DAMPAK KELAPA SAWIT TERHADAP PEREKONOMIAN DIMASYARAKAT DI KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 88–95. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.117