Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru di MI Andzariyah Batuputih Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1033Keywords:
Madrasah Principal Leadership, Teacher Creativity, MI Andzariyah Batuputih SumenepAbstract
The results showed that the role of the madrasah head in MI Andzariyah Batuputih Sumenep has a significant impact on increasing teacher creativity. The madrasah head has made efforts to create an environment that supports creativity through training, providing resources, guidance and creating a conducive environment. The training attended by teachers has shown an increase in creativity and courage in experimenting with new learning techniques. However, although resources such as technology have been provided, most teachers still use conventional learning methods, suggesting that the madrasah head's encouragement has not been fully implemented. Other challenges include resistance to change, lack of motivation and limited technology skills among teachers. The madrasah principal's support is only felt by teachers who are motivated and ready to follow directions, indicating the importance of teachers' own self-motivation. Nevertheless, the positive impact of the madrasah principal's role is seen in the increased motivation and enthusiasm of more creative teachers, which in turn will improve the quality of learning and learner outcomes. Therefore, it is necessary to increase the motivation and readiness of teachers to take advantage of the support provided, so that learning in madrasah can become more creative, interactive and quality.
References
A Latif. 2020. “Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital,” Jurnal Ilmu Sosial. Mandalanursa.org; R Sundari, F Zahro, “ Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru Paud,” Journal of Early Childhood…, (2020), walisongo.ac.id;
A Waritsman, R Hastina. 2020. “Kreativitas Guru Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Madinatul Ilmi Ddi Siapo,” Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, , umada.ac.id.; Az Septina, “Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Academia edu, (2022), academia.edu.; Y Ekawati, NA Wiyani, Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Musim Pandemi covid-19 Di MI Ma’arif NU Karangasem Purbalingga,” Jurnal Kependidikan, (2020), ejournal.uinsaizu.ac.id.
A. Zabidi. 2020.“Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran PAI di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang,” Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, (), ejournal.undaris.ac.id.
AS Ardiansyah. 2022. GH Agung, ND Cahya, “Upaya Membangun Keterampilan 4C Melalui Challenge Based Learning,” PRISMA Prosiding…,”, www.unnes.ac.id.; S. Wahyuningsih, RD Susanti, “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Calon Guru Madrasah Ibtidaiyyah di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Project-Based Learning,” ELEMENTARY: Islamic Teacher…, (2020), scholar.arcive.org.
E Pujiasih. 2020. “Membangun Kreasi Emas dengan VariasiPembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19,’ Ideguru: Jurnal Ilmiah Guru, (), jurnal.dikpora.jogjaprov.go.id.; HB Uno, N Mohamad, “Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik,” (2022), books.google.com.; N. Sadwika, LD Liska, “Model PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenagkan) dalam Pembelajaran Menulis Puisi,” SANDIBASA I: Seminar Nasional…, (2022), mahadewa.ac.id.
F Inggriyani, N Fazriyah. 2023. “Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif Menggunakan Kahoot Sebagai Game Based Learning di KKG Sekolah Dasar,” Publikasi…, (2020), .garuda.kemdikbud.go.id.; HS. Iriansyah, “Membangun Kreativitas Guru Dengan Inovasi PembelajaranDi masa Pandemi Covid-19,” Prosiding Seminar Nasional, (2020), stkipkusumanegara.ac.id.; N Efendi, MI Sholeh, “Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran,” Academicus: Journal of Teaching and…,, pdtii.org.
Hasil Observasi (MI Andzariyah, 11 Mei 2024, Pukul 09.00 Wib)
HB Uno, N Mohamad. 2022. “Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik,”, books.google.com.; Sri Andini, VM Putri, MY Devi, Y Erita, “Mendesai Pembelajaran PKn dan IPS Yang Inovatif dan Kreatif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, (2021), jbasic.org.; DA Sari, H Misbah, IQ Ridwan, “Peran Guru Dalam Membuat Model Pembelajaran Daring Yang Inovatif Dan Kreatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Prosiding Seminar Nasional…, (2021), umj.ac.id.
Istiqomah, Alifah Nur. 2023. “Analisis faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran di SD Negeri 3 Brosot,” Ciencias; Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 6, No. 2. Juli.
K Huda, E Munastiwi. 2020. “strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak di Era Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Glasser, (), lonsuit.unismuhluwuk.ac.id.
Lestari, Ika,. Linda Zakiah. 2019. Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran. Erzatama Karya Abadi: Bogor.
M Asbari. 2023. “Innovate to Liberate: Akselerasi Kreativitas Siswa dalam Pendidikan,” JV Chiam-Journalof Information System and Management..., .jisma.org.; SP Insani, D Darmiany, I Nurmawanti, ”Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa,” Journal of Clasroom, (2023), unram.ac.id.; DL Kusumaningrini, N Sidibjo, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19,” Akademika: Jurnal Teknologi..., (2021), uia.e-journal.id.
M Mawardi, W Wahyudi, F Kristin. 2021. “Pendampingan Penyususnan RPP Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Guru SD,” Et Scholarium: Jurnal…, (), ejournal.uksw.edu.; M Murdiana, R Jumri, “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan…, (2020), ejournal.unib.ac.id.; AS Manurung, F Fahrurozi, E Utomo, “Implementasi berpikir Kritis Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa,” Jurnal Papeda: Jurnal…, (2023(, unimuda.ejournal.id.
MA Fatah, E Zumrotun. 2021. “Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Di sekolah Dasar,” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru…,” (2023), insida.ac.id.; P Tobing, E Hasanah, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Inovasi Pembelajaran Guru Pada Masa Covid-19,” Jurnal Ilmiah Mandala Education, (), mandalanursa.org.; Y Inayah, MF Sya, “Kreatifitas Berpikir Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggis Di Sekolah Dasar,” Karimah Tauhid, (2022), unida.ac.id.
Makawimbang, Jerry H. 2012. Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.
MR Andhika. 2020. “Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di MIN 8 Aceh Barat,” Jurnal Eduscience, , ulb.ac.id.; U Hidayatun, A Wachid, “Kegiatan Pembelajaran Kreatif Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada MI Ma’arif NU Rabak,” JISIP Jurusan Ilmu Sosial…, (2021), mandalanursa.org.; D Noviana, MD Rabbanie, “Kreativitas Guru MI Nurul Hidayah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk Membentuk Siswa Berprestasi,” Jurnal Gentala, (2020), unja.ac.id.
Muhaemin, Rizqi Abdul. 2022. ”Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Mathla’ul Huda,” Jurnal Pendidikan, Vol. 10, No. 2. Juli.
Rambung, Olan Sulistia. 2023. “Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,” Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1 No. 3. Agustus.
S Sulastri, H Fitria, A Martha. 2020. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Journal of Education Reseach, , jer.or.id.
Sevilla, C.G. dkk. 1993.Pengantar Metode Penelitihan, terj: Alimuddin Tuwu dan alamsyah. jakarta:UI Pers
Syamsul, Herawati. 2017 “Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pad Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP),” Idaarah; Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 1 No. 2. Desember.
Yusuf, A. 2017. Muri Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.