PEMANFATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DORATOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 2 BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.102Keywords:
Media Pembelajaran, Doratoon, Motivasi BelajarAbstract
Pemanfaatan media berbasis multimedia memiliki pengaruh besar terhadap hasil pengetahuan siswa. Media Audio Visual (Video) Animasi berbasis Doratoon dapat digunakan sebagai media pembelajaran secara efektif dan efisien serta mudah dipahami oleh siswa, sebab dunia pendidikan dituntut untuk selalu berkembang secara cepat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi. Permasalahan yang muncul adalah apakah pemanfatan media pembelajaran Audio Visual (Video) Animasi berbasis Doratoon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas VIII di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfatan media pembelajaran Audio Visual (Video) Animasi berbasis Doratoon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa berdasarkan angket penelitian yang telah diisi oleh siswa.
References
A. Hidayat and I. Machali, “Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola sekolah dan Madrasah),” Univ. Pendidik. Indones., pp. 4–6, 2012.
H. W. Priandoko, “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, no. 1, pp. 87–119, 2017.
I. Irham, F. Syukri, and M. D. Al Hamdani, “Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 1–34, 2019.
M. P. Fauziah and M. Ninawati, “Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6505–6513, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3257.
R. B. Pratama, “Metodologi Penelitian,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 28–55, 2019.
R. Indonesia, “Presiden republik indonesia,” 2003.
R. Nugrahani and J. S. Rupa, “Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar,” Lembaran Ilmu Kependidikan, vol. 36, no. 1, pp. 35–44, 2017.
S. S. Marwah, M. Syafe’i, and E. Sumarna, “Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam,” TARBAWY Indones. J. Islam. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 1–26, 2018, doi: 10.17509/t.v5i1.13336.
S. Sholeh, “Pendidikan dalam Al-Qur’an (Konsep Ta’lim QS. Al-Mujadalah ayat 11),” J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah, vol. 1, no. 2, pp. 206–222, 2017, doi: 10.25299/althariqah.2016.vol1(2).633.
S. Siarni, M. Pasaribu, and A. Rede, “Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara,” J. Kreat. Tadulako, vol. 3, no. 2, pp. 94–104, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2871
T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.
V. Ho, “Learning by Doing,” Encycl. Heal. Econ., pp. 141–145, 2014, doi: 10.1016/B978-0-12-375678-7.01110-X.
Z. Wiwit Nopriyanti, Ikrima Mailani, “Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean,” J. AL-HIKMAH, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.