PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS 2 SDIT BAITURRAHIM PARIK PUTUIH KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM

Authors

  • Ratna Leni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi Junaidi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles Charles UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Pendi Hasibuan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.101

Keywords:

Metode Outdoor Study, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dari hasil observasi penulis tentang kegiatan pembelajaran PAI yang menggunakan metode outdoor study. Metode outdoor study diterapkan karena siswa merasa jenuh dan bosan ketika pembelajaran PAI yang hanya dilakukan di dalam kelas. Akan tetapi penulis melihat, dalam menerapkan metode tersebut guru PAI belum memenuhi langkah-langkah yang harus dipenuhi dalam menggunakan metode tersebut. Seperti, pada kegiatan pembelajaran di luar kelas guru PAI kurang mempersiapkannya, yang menyebabkan pada waktu siswa belajar di luar kelas ada kesan main-main. Dan guru PAI hanya menyuruh siswa untuk mengamati alam sekitar saja tetapi tidak menyuruh mereka mencatat apa yang mereka temui. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode outdoor study dalam pembelajaran PAI siswa kelas 2 pada materi Allah maha pencipta di SDIT Baiturrahim Parik Putuih dan faktor pendukung serta faktor penghambat penerapan metode outdoor study dalam pembelajaran PAI siswa kelas 2 pada materi Allah maha pencipta di SDIT Baiturrahim Parik Putuih.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SDIT Baiturrahim Parik Putuih, informan penelitian ini adalah guru PAI kelas 2, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa. Penelitian ini dilakukan di bulan Agustus 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian dan pembahasan ini menunjukkan bahwa di SDIT Baiturrahim Parik Putuih telah menerapkan metode outdoor study dalam pembelajaran PAI. Penerapan metode outdoor study dalam pembelajaran PAI pada materi Allah maha pencipta sudah efektif, hal ini terlihat dari langkah-langkah guru dalam menggunakan metode outdoor study, yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor pendukung dari penerapan metode outdoor study ini yaitu adanya semangat pada diri siswa, lokasi sekitar sekolah yang nyaman dan kondusif dan minat belajar siswa ketika belajar di luar kelas lebih tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hambatan guru dalam mengatur siswa, kondisi siswa, dan cuaca.

References

———. 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

———. Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

———. Pendidikan Islam, Sejarah, Peran dan Kontribusi dalam Sistem Pendidikan Nasional. Lampung: Aura, 2019.

Agustinova, Danu Eko. Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis, 2015.

Andriati Irna, Zulfani Sesmiarni, Armanida. Implementasi Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Educative: Journal of Education Student 2, no. 2 (2017): 146–54.

Ayuhana, Maherlina Muna. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Indonesia (Analisis Tujuan dan Materi Ajar Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013). Jurnal Tarbawi 12, no. 2 (2015): 171.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2015.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro. 2012.

Dokumen SDIT Baiturrahim, https://www.sditbaiturrahimparikputuih.sch.id/sejarah.

Fauzi, Ahmad. Pengaruh Pembelajaran Outdoor terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Nusantara Plus, 2014.

Firdaus, Ahmad Yarist, dan Muhammad Andi Hakim. “Penerapan “ Acceleration to Improve the Quality of Human Resources" dengan Pengetahuan, Pengembangan dan Persaingan Unggul sebagai Langkah dalam Mengoptimalkan Daya Saing Indonesia di MEA 2015.” Economics Development Analysis Journal 2, no. 2 (2015): 152–63.

Junaidi. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Keberhasilan Pelaksanaan MBS Pada Pesantren-Pesantren di Kabupaten Agam. Jurnal Educative : Journal of Education Studies 2, no. 1 (2017).

Kamal, Muhiddinur, dan Junaidi. Pengembangan Materi PAI Berwawasan Multikultural sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keberagaman Siswa SMKN 1 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Edukasia, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 1 (2018): 192.

M, Iswantir. Gagasan dan Pemikiran Serta Praksis Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Pemikiran dan Praksis Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra). Jurnal Educative : Journal of Education Studies 2, no. 2 (2017).

Rifa’i. Penerapan Metode Outdoor Study pada Materi Jual Beli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMKN 2 Kumai, 2017.

Rila, Alif, Arifmiboy, dan Supratman Zakir. Pembelajaran PAI Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di SMPN 2 Tilatang Kamang. Kajian Dan Pengembangan Umat 4 No.2 (2021): 23–35.

Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

S, Tatang. Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.

Sudaryana, Bambang. Metode Penelitian Teori Dan Praktek Kuantitatif & Kualitatif. Sleman: Deepublish, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sulaiman. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). Edited by Warul Walidin and Sri Suyanta. Banda Aceh: Yayasan PeNa, 2017.

Syaiful, Anwar. Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Idea Press, 2014.

Tambak, Syahraini. 6 Metode Ilmiah Dan Inovatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Ratna Leni, Junaidi Junaidi, Charles Charles, & Pendi Hasibuan. (2023). PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS 2 SDIT BAITURRAHIM PARIK PUTUIH KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 23–34. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.101