Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota
DOI:
https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.100Keywords:
Pendidikan Karakter, pendidikan agama islam(PAI).Abstract
Pendidikan agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika di tanamkan atau di mulai sejakdini,oleh sebab itu materi pendidikan agama islam islam di sekolah menjadi salah satu penunjang membentuk karakter anak. Melalui pembelajaran Pendidikan agama islam ini siswa di ajarkan aqidah sebagai dasar keagamaan, di ajarkan quran dan hadis sebagai pedoman hidup, di ajarkan fiqih sebagai hukum dalam beribadah dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman perilaku manusia apakah dalam kategori baik atau buruk. Oleh sebab itu pembelajaran pendidikan agama islam adalah membentuk karakter siswa yang mencerminkan tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari hari. Disamping itu guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa sejak dini. Guru yang berkarakter baik memiliki peluang melahirkan siswa yang berkarakter lebih baik. Menjadi guru yang memiliki kasih sayang kepada siswanya serta menjadi mentor yang beretika, merupakan langkah penting yang harus di miliki guru untuk melahirkan siswa yang berkarakter.
References
Basri, Hasan.(2012).kapita selekta pendidikan.Bandung: pustaka setia
Fathur Rohman.(2019).strategi pembelajaran PAI.fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan UNISNU JEPARA
Idrawati, Niken.(2020).”analisis kopetensi guru pai dalam pembentukan karakter siswa smp 2 tuntang kabupaten semarang tahun 2019/2020 skripsi”
Permendiknas.2006.tentang standar isi untuk satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah.
Pratama, Andy Riski, and Charles Charles. "The implication of Student Character Education In QS Al Hujurat Verses 1-5 According to Tafsir Ibn Kathir." Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 4.2 (2022): 101-109.
Sudirman.(2016).pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.