Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota

Authors

  • Isyah Radhiyah Universitas Islam Negeri Sjech Muhammad Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fenny Ayu Monia Universitas Islam Negeri Sjech Muhammad Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ruwaida Ruwaida SMAN 01 Kec. Kapur IX, Kab Lima Puluh Kota

DOI:

https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.100

Keywords:

Pendidikan Karakter, pendidikan agama islam(PAI).

Abstract

Pendidikan agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika di tanamkan atau di mulai sejakdini,oleh sebab itu materi pendidikan agama islam islam di sekolah menjadi salah satu penunjang membentuk karakter anak. Melalui pembelajaran Pendidikan agama islam ini siswa di ajarkan aqidah sebagai dasar keagamaan, di ajarkan quran dan hadis sebagai pedoman hidup, di ajarkan fiqih sebagai hukum dalam beribadah dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman perilaku manusia apakah dalam kategori baik atau buruk. Oleh sebab itu pembelajaran pendidikan agama islam adalah membentuk karakter siswa yang mencerminkan tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari hari. Disamping itu guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa sejak dini. Guru yang berkarakter baik memiliki peluang melahirkan siswa yang berkarakter lebih baik. Menjadi guru yang memiliki kasih sayang kepada siswanya serta menjadi mentor yang beretika, merupakan langkah penting yang harus di miliki guru  untuk melahirkan siswa yang berkarakter.

References

Basri, Hasan.(2012).kapita selekta pendidikan.Bandung: pustaka setia

Fathur Rohman.(2019).strategi pembelajaran PAI.fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan UNISNU JEPARA

Idrawati, Niken.(2020).”analisis kopetensi guru pai dalam pembentukan karakter siswa smp 2 tuntang kabupaten semarang tahun 2019/2020 skripsi”

Permendiknas.2006.tentang standar isi untuk satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah.

Pratama, Andy Riski, and Charles Charles. "The implication of Student Character Education In QS Al Hujurat Verses 1-5 According to Tafsir Ibn Kathir." Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 4.2 (2022): 101-109.

Sudirman.(2016).pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Isyah Radhiyah, Fenny Ayu Monia, & Ruwaida Ruwaida. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.100