IMPLEMENTASI WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP PELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN PERATURAN SEKOLAH

Authors

  • Salman Al Farisi Universitas Pekalongan
  • Sami’an Sami’an Universitas Pekalongan
  • Siti Assa’adah Universitas Pekalongan
  • Aulia Aulia Universitas Pekalongan
  • Yustiana Dwirainaningsih ITSNU Pekalongan
  • Izul Arob Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.204

Keywords:

Wawasan Kebangsaan, Pelajar, Kepatuhan

Abstract

Wawasan kebangsaan merupakan salah satu ilmu yang wajib dipupuk dan di tanamkan dalam diri remaja, terutama kalangan pelajar, mulai dari lingkup pelajar Menengah Pertama maupun Menengah Atas. Saat ini sumber penanaman wawasan kebangsaan dalam lingkup pelajar umumnya hanya bersumber dari mata pelajaran PPKn, namun hakikatnya instansi pendidikan harus menanamkan nilai nilai wawasan kebangsaan dalam sebuah peraturan sekolah. Dengan ini maka perlu diadakan penelitian guna mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman pelajar tentang wawasan kebangsaan dan implementasinya dalam aturan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  serta pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner yang ditujukan pada pelajar menegah pertama dan menengah atas. Hasil dari penelitian ini diketahui konsepsi tingkat pemahaman pelajar cukup baik untuk memahami wawasan kebangsaan dengan menyertakan contoh implementasi di lingkup sekolah. Media yang digunakan pelajar mayoritas mendapatkan pemahaman wawasan kebangsaan melalui pelajaran PPKn di sekolah, tetapi ada juga yang melalui media lain seperti belajar otodidak, kehidupan sehari-hari, mempelajari sejarah bangsa, dan media informasi digital. Pelajar memahami penerapan wawasan kebangsaan yang berdamping dengan kewajiban pelajar dengan mengikuti kegiatan wajib di sekolah. Pelajar paham bagaimana cara implementasi wawasan kebangsaan dengan sikap nasionalisme.

 

 

References

Azra, Azyumardi 2019. Revitalisasi Wawasan Kebangsaan Melalui Pendidikan Multikultur Jurnal Ladalero, Vol.18 No.2,

Baron, Robert A & Byne, Psikologi Sosial, terj. Ratna Djuwita (Jakarta: Erlangga, 2004)

Boeree, George, Psikologi Sosial, terj. Ivan Taniputra(Yogyakarta: Ar- Ruz Media,2008), 139

Fauzi, Anis. 2017. Wawasan Kebangsaan Siswa MTS dan SMP. Serang: FTK Banten Press.

Hartono, “Kepatuhan Kemandirian Santri (Analisis Psikologi), Jurnal Study Islam dan Budaya.2006,Vol.4 No.1

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022. Edisi ke-lima. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/, pada tanggal 30 Januari 2023.

Kusumawardani, Anggraeni & Faturochman. 2004. Nasionalisme. Buletin Psikolog. No 2. Hal 63.

Permendagri No 71 tahun 2012, yang berkaitan dengan sebuah pedoman tentang Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Siregar, Nurmayana. 2022. Pendidikan Wawasan Kebangsaan Di era Globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 165, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3886. Sekretariat Negara: Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301. Sekretariat Negara: Jakarta.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Salman Al Farisi, Sami’an, S., Siti Assa’adah, Aulia, A., Yustiana Dwirainaningsih, & Izul Arob. (2023). IMPLEMENTASI WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP PELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN PERATURAN SEKOLAH. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 213–226. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.204