AKTIVITAS PROKOPIM KABUPATEN KOLAKA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN KEPROTOKOLAN PIMPINAN
DOI:
https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.201Keywords:
Keprotokolan, Pimpinan, Prokopim.Abstract
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan kabupaten kolaka mengalami nonmeklatur sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 56 Tahun 2019 Tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, maka Tugas Pokok dan Fungsi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan. Begitupun dengan Kabupaten Kolaka yang mengalami perubahan Tugas dan fungsi sesuai bagiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas prokopim kabupaten kolaka dalam meningkatkan pelayanan pimpinan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang seluruh aktivitas Prokopim Kbauoaten kolaka sesuia dengan Peraturan Bupati kolaka tahun 2022. Selain itu juga karakteristik pimpinan harus dipahami betul bagian prokopim dalam memberikan layanan pada bupati, wakil bupati dan Setda Kabupten Kolaka.
References
Bambang Herimanti dkk. (2007). Public Relations Dalam Organisasi. Yogyakarta: Santusa Cutlip Scott M., et al. (2007).
Effective Public Relations (terjemahan Tri Wibowo). Jakarta: Kencana. Eldwin Dwi Sugito. (2009). Pelaksanaan Peran Humas di Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Al-Ikhlas Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Frank Jefkins (2004).
Public Relations (terjemahan Haris Munandar). Jakarta: Erlangga Frida Kusumastuti. (2002).
Dasar-Dasar Humas. Jakarta: Ghalia Indonesia Hasanudin. (2007). Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Rangka Menjaga Dan Meningkatkan Citra Positif di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sleman.
Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Juhana Wijaya E. (2004). Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan. Bandung:
Armico Linggar Anggoro M. (2005). Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta:
Bumi Aksara Milles Matthew B dkk. (1992). Analisis Data Kualitatif (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta:
Universitas Indonesia Moleong Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:
Remaja Rosda Karya Muslimin. (2004). Hubungan Masyarakat dan Konsep Kepribadian. Malang:
UMM Onong Uchjana Effendy. (1989). Human Relations dan Public Relations Dalam Manajemen. Bandung:
Mandar Maju Rosady Ruslan. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Rosady Ruslan. (2012). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi: Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 100
Rachmadi F. (1992). Public Relations Antara Teori Dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama Sugiyono. (1992). Metode Penelitian Administrasi. Bandung:
Alfabeta Suyetty dkk (2005). Bekerja Sama Dengan Kolega Dan Pelanggan. Jakarta: Yudhistira