Upaya Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Desa Dongko

Authors

  • Dian Ayu Lestari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Jihan Amira Nurcahyo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Pahala Raja Pangindoan Simanullang Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i2.167

Keywords:

Digitalization Of Marketing, UMKM, Technology.

Abstract

Digitalization of marketing emerged in the Industrial Revolution 4.0 Era, which in the era of digital technology and the internet must be interconnected. This is a challenge for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) to have creative, innovative businesses and minimize operational costs. Through student service activities for the community by providing assistance to MSME actors in Dongko Village in optimizing digital marketing by holding socialization related to marketing digitalization. The method used in this activity is to use a quality approach through outreach, implementation and mentoring. the result of this activity is to help digitize the marketing of MSME products in Dongko Village. So that these activities affect MSME actors in Dongko Village to take advantage of digital marketing gradually.

References

Buku :

Wijoyo, H., Vensuri, H., Sunarsi, D., Prasada, D., Setyawati, L., Lutfi, A. M., & Akbar, I. R. (2020). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri.

Artikel jurnal :

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442-448.

Nurhayati, S. & Ardianingsih, A. (2021). “ANALISIS DIGITALISASI PEMASARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI PEKALONGAN”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 24(1), 70 – 72.

Rulandari, N., Rahmawati, N. F., & Nurbaiti, D. (2020, July). Strategi komunikasi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah pada Era New Normal. In Prosiding Seminar STIAMI (Vol. 7, No. 2, pp. 21-28).

Sandi, B. S., dkk. (2022). “Pengembangan Digitalisasi UMKM Masyarakat Kelurahan Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya”, Literasi, 2(2), 1548 – 1549.

Sandi, B. S., Muljaningsih, S., & Wahed, M. (2022). Pengembangan Digitalisasi Umkm Masyarakat Kelurahan Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1546-1552.

Saniran. (2022). “Digitalisasi UMKM”, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek.

Sudirman, E. (2020). Strategi Usaha Kecil Menghadapi Digitalisasi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 142-151.

Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121-126.

Yanuar, M. R. (2018). PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN PELAKU UMKM TERHADAP DIGITALISASI DALAM BIDANG PEMASARAN (studi kasus: usaha mikro kecil dan menengah di kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(2).

Internet:

Nuril Hidayah. (2022). LANGKAH MUDAH DIGITALISASI UMKM SEDERHANA. https://digitalbisa.id/artikel/langkah-mudah-digitalisasi-umkm-sederhana-Zi2yL. Diakses Pada 30 Desember 2022.

Atia Tobing. (2021). KENALI CARA MENGOPTIMALKAN DIGITALISASI UMKM. https://www.oyindonesia.com/blog/kenali-cara-mengoptimalkan-digitalisasi-umkm. Diakses Pada 30 Desember 2022.

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Dian Ayu Lestari, Jihan Amira Nurcahyo, Pahala Raja Pangindoan Simanullang, & Wiwin Yulianingsih. (2023). Upaya Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Desa Dongko. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(2), 122–132. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i2.167